Kamis, 10 April 2014

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Noda bekas jerawat di wajah memang ngeselin banget. Sejak awal menjadi jerawat sudah menjengkelkan karena susah hilangnya dan susah mengobatinya. Eh, pas jerawatnya sudah sembuh giliran bekasnya yang susah dihilangkan.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat


Salah satu penyebab jerawat adalah wajah berminyak yang bercampur dengan kotoran dan bakteri. Karena itulah kita dituntut untuk selalu merawat wajah dengan sering  membersihkannya. Lalu bagaimana kalau jerawat sudah hilang dan tertinggal noda hitam bekas jerawat tadi?

Secara umum, cara menghilangkan bekas jerawat ada dua, yakni secara tradisional dengan bahan-bahan alami dan secara medis dengan pengobatan dan peralatan yang canggih. Termasuk menggunakan bahan kimia dan produk perawatan kecantikan. Mari kita bahas keduanya.

Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Berikut ini beberapa cara menghilangkan noda bekas jerawat di wajah secara alami seperti dilansir oleh laman MedicMagic:

Madu dan serbuk mutiara 
Kombinasi yang berguna untuk mengobati jerawat dan menghaluskan kulit serta mempercepat proses peremajaan kulit. Gunakan campuran ini sebagai masker wajah selama 15 menit seminggu sekali.
Air jeruk lemon
Air jeruk lemon bisa meringankan bintik-bintik hitam bekas jerawat. Setelah mencuci wajah secara menyeluruh, gunakan bola kapas yang telah direndam dalam air jeruk lemon murni untuk bekas luka jerawat. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
Minyak pohon teh
Minyak esensial ini digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat serta jerawat di wajah. Juga efektif mencegah terjadinya bekas luka jerawat.
Masker buah
Buah nanas atau apel mengandung asam askorbat yang bisa membantu mengurangi bekas luka. Haluskan nanas dan apel kemudian gunakan sebagai masker atau oleskan pada bekas jerawat. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas. Lakukan setidaknya sekali atau dua kali seminggu.
Vitamin E
Gunakan vitamin E pada bekas jerawat tiga atau empat kali sehari. Anda akan melihat hasilnya dalam waktu dua minggu.

Cara ini terbilang aman karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya. Namun kekurangannya, biasanya prosesnya lama dan butuh kesabaran serta melakukannya dengan rutin. Seringkali hasilnya belum terlihat namun kita sudah bosan dan tidak teratur lagi melakukannya. 


Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Medis
Secara medis, ada beberapa cara untuk menghilangkan jerawat, antara lain:
Microdermabrasion
Perawatan ini efektif menyembuhkan bekas jerawat ringan, lapisan luar yang kasar akan dihapus dan diganti dengan lapisan di bawahnya. Eksfoliasi tentunya dilakukan sesuai prosedur medis, sehingga tidak menyebabkan iritasi dan luka pada kulit.
Pengelupasan kimia
Pengelupasan secara kimia dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat yang dalam. Setelah pengelupasan lapisan atas, lapisan kulit dirangsang agar lebih halus dan segar. Sebelum melakukan hal ini, sebaiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter kulit. Dalam beberapa kasus, pengobatan seperti ini bisa dilakukan di rumah dan klinik kecantikan kulit.

Bagi Anda yang masih bermasalah dengan jerawat, silahkan baca cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar