Kamis, 10 April 2014

Cara Mengobati Sariawan di Bibir

Cara Mengobati Sariawan di Bibir - Sariawan adalah penyakit umum yang diderita oleh hampir setiap orang. Penyakit ini memang bukan penyakit serius tetapi keadaan seperti itu akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan kadang membuat kita tidak pede. Apalagi jika sariawan ini terjadi di bibir yang terlihat pecah-pecah dan sedikit berdarah, tentu akan sangat mengganggu dalam berbicara dan membuat tidak pede berbicara dengan lawan bicara.

Cara Mengobati Sariawan

Jika ditangani dengan benar, penyakit ini bisa segera teratasi dan tidak terlalu berkepanjangan apalagi sampai membuat bibir sampai berdarah. Sariawan adalah sebuah penyakit dimana terjadi peradangan atau pembengkakan pada daerah sekitar mulut.

Biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, luka di mulut, alergi makanan, siklus haid, atau terlalu banyak minum antibiotik atau asam. Kadang sariawan menimbulkan pendarahan yang serius di sekitar mulut. Dan berikut adalah Cara Mengobati Sariawan di Bibir :

1. Air Garam
Berkumur dengan air hangat dicampur garam selama 3 kali sehari dapat mempercepat penyembuhan peradangan pada mulut yang terkena sariawan.

2. Yoghurt
Yoghurt mengandung acidophilus hidup yang bisa menyeimbangkan bakteri di mulut untuk mempercepat penyembuhan sariawan sekaligus mencegah datangnya sariawan.

3. Bawang dan Pepaya
Menerapkan langsung obat ke luka sariawan juga dapat mempercepat proses penyembuhan. Gunakan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan.

4. Baking Soda
Baking soda berguna untuk menghilangkan bakteri di mulut sehingga akan mempercepat proses penyembuhan sariawan. Gunakan baking soda dengan mencampurkannya dengan air selanjutnya bisa dijadikan obat kumur untuk sariawan.

5. Obat tradisional
Bilas mulut dengan salah satu dari beberapa obat tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, jus plum, tea tree oil dan air hangat dengan garam.

6. Vitamin
Kekurangan vitamin-vitamin seperti vitamin B, Vitamin C, zat besi dan asam folat bisa menyebabkan penyakit sariawan. Dengan banyak mengkonsumsi vitamin setidaknya bisa mencegah sariawan datang lagi.

Jika cara-cara di atas belum bisa menyembuhkan penyakit sariawan anda, segeralah minta petunjuk dokter.

Demikian informasi tentang Cara Mengobati Sariawan di Bibir, Semoga bisa bermanfaat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar